Digital Hari Ini, Sukses Kemudian

Thursday, 03 June 2021 | Penulis: humas

Sudah banyak kegiatan konvensional yang sejak hari ini berubah menjadi suatu hal yang bersifat digital. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terus menanjaknya traffic penggunaan Social Media yang saat ini seakan telah menjadi gaya hidup yang harus diikuti oleh segala kalangan usia. Dan mungkin hal itu merupakan salah satu alasan mengapa beragam informasi yang kita terima saat ini, dapat dengan mudah  diakses melalui berbagai sumber informasi yang tersedia seperti Instagram, Facebook,What’s App, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, sudah sepatutnya dalam berbisnis, kita dapat memanfaatkan media digital sebagai langkah untuk mempertahankan atau bahkan memperluas segmentasi bisnis yang nantinya akan dijalankan.

Dalam Webinar berjudul Digital Entrepreneur yang digelar pada Kamis 27 Mei 2021 tersebut, menghadirkan dua orang narasumber yang kredibel yakni Mutia Tri Satya, S.sos., M.Si dan juga Jurry Hatammimi, Ph.D selaku praktisi bisnis yang menggunakan platform digital sebagai sarana dalam melakukan kegiatan operasional dan juga pemasaran.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa pertumbuhan dan juga penggunaan sosial media oleh Warga Indonesia maupun dunia, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat kegiatan pemasaran yang dilakukan hari ini menjadi lebih efektif daripada kegiatan pemasaran yang dilakukan pada zaman terdahulu sebelum tersedianya berbagai Social Media seperti sekarang ini. 

Setelah menyadari bahwa dunia digital merupakan sarana yang sangat menguntungkan dalam berbisnis, maka langkah selanjutnya untuk memulai hal tersebut adalah dengan membuat perencanaan perihal bisnis apa yang akan digarap, guna dapat menentukan strategi yang akan digunakan ketika satu estimasi keuntungan telah mulai ditetapkan.

Seperti apa yang dikatakan oleh Jurry Hatammimi selaku Dosen di Universitas Telkom Bandung, “banyak orang yang saat ini sudah mulai melek digital kemudian memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu media dalam menjalakan suatu bisnis. Tapi kebanyakan dari mereka, seperti bergerak dalam sebuah ketidak pastian ketika berbisnis tanpa melakukan terlebih dahulu sebuah perencanaan.”

Bisnis Model Canvas dapat dijadikan sebuah referensi sebagai langkah awal dalam berbisnis. Bisnis Model Canvas adalah sebuah kerangka kerja yang terdiri dari 9 elemen dasar suatu bisnis, yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendefinisikan segala elemen terkait agar kegiatan operasional bisnis menjadi lebih terarah dan jauh dari ketidak pastian. Berikut merupakan 9 elemen yang harus ada dalam Bisnis Model Canvas :

  1. Segmentasi Konsumen
  2. Proposisi Nilai Konsumen
  3. Saluran
  4. Sumber Pendapatan
  5. Sumber Daya
  6. Hubungan Konsumen
  7. Aktivitas yang dijalankan
  8. Kerjasama
  9. Struktur Biaya

Dengan menjelaskan suatu bisnis secara singkat dalam beberapa aspek diatas, setidaknya dapat mempermudah pelaku bisnis ketika mengambil keputusan. Segala keputusan yang nantinya digarap oleh pihak yang memiliki wewenang, dapat dengan mudah diidentifikasi untuk kemudian dievaluasi agar keputusan tersebut tidak jauh  melenceng dari Bisnis Model Canvas yang telah dibuat sebelum suatu bisnis tersebut beroperasi.

 

#stieekuitas
#kitaekuitas
#kitabisa

 

Penulis Artikel : Eri Budiman

Redaktur : HUMAS STIE EKUITAS