
SOFT SKILL VS HARD SKILL
Apakah kamu tahu pentingnya Soft skill dan Hard skill? Kalau belum dan masih bingung, yuk simak penjelasan dibawah ini yah
Soft skill merupakan atribut dan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja. Soft skill bisa dipelajari dimulai dari aktivitas sehari-hari misalnya komunikasi dengan rekan se-usia maupun yang lebih tua, kemampuan presentasi pada saat di bangku perkuliahan, dan kepemimpinan seseorang ketika mengambil keputusan.
Sedangkan hard skill merupakan keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Hard skill ini biasanya didapat dari kegiatan perkuliahan berlangsung misalnya kompetensi akuntansi, mahir berbahasa inggris, dan mampu mengoperasikan komputer.
Lalu sejauh mana kamu melatih Soft skill dan Hard skill?
Soft skill dan Hard skill sangat dibutuhkan terutama ketika di dunia kerja. Keduanya sangat penting dan harus seimbang. Oleh karena itu sebelum menginjak dunia kerja kamu bisa melatih soft skill dan hard skill di bangku perkuliahan.
(Dikutip dari cohive.space & topcareer.id)